Saturday 25 May 2024

Sowan Berkunjung ke Habib Nuch Al Haddad Solo

Ratibul Haddad atau Ratib Al Haddad adalah sebuah amalan bacaan dzikir yang telah disusun oleh Al Imam Sayyid Abdullah bin Alwi Al Haddad dari Hadramaut Yaman. Secara turun temurun amalan Ratib Al Haddad dibaca oleh keluarga Family Al Haddad salah satunya adalah keluarga Habib Nuch Al Haddad sebagai Sohibul Ratib Al Haddad di wilayah Surakarta. Perjalanan Ratib Al Haddad di Surakarta ini ada sejak era Amangkurat IV dimana saat itu salah satu putri kesayangan beliau sakit dan pada akhirnya sang Raja membuat sayembara barangsiapa sanggup menyembuhkan sakit puterinya itu akan diambil menantu. Al kisah pada saat itu hadir seorang pendakwah dari Hadramaut Yaman bernama Syarif Sayyid Ibrahim Al Haddad dan mendengar sayembara sang Raja tadi maka berusahalah mengikuti dan pada akhirnya sang puteri pun sembuh. Sesuai janji sang Raja tadi maka dinikahkanlah keduanya. Dari situlah kemudian diberikan wilayah untuk tempat tinggal keduanya di wilayah kadipaten Pajang yang kini dikenal dengan nama kampung Saripan dari kata Syarif tersebut.

Salah satu tokoh ulama yang merupakan keturunan Syarif Sayyid Ibrahim Al Haddad tadi adalah keluarga Habib Nuch Al Haddad yang tinggal di jalan Wiropaten Pasar Kliwon Surakarta persis sebelah timur SMU Diponegoro Pasar Kliwon.
Kali ini penulis ikut membersamai jamaah Ratibul Haddad dari kampung Bendungan Begajah Sukoharjo yang dipimpin oleh Pak RT Giyono didampingi oleh Pak Teguh Modin dari Gupit Nguter juga Ketua Majelis Ajar Tresno Mas Bowo dari Manisharjo serta beberapa jamaah yang semuanya tergabung dalam rombongan sebanyak 2 mobil. 
Berangkat pukul 08:30 WIB dari Bendungan Begajah dan sampai di Ndalem Habib Nuch setengah jam kemudian langsung disambut dan dipersilahkan bertemu bersalaman langsung serta mendapatkan doa dari Habib Nuch Al Haddad. Sungguh luar biasa perasaan yang dialami para jamaah bahkan ada yang terharu dan hampir saja menangis ketika bertemu Habib Nuch Al Haddad dimana seluruh jamaah yang hadir berharap dan memohon agar majelis Ratib Al Haddad dari Bendungan Begajah ini dapat istiqomah dan menjadi sebuah majelis yang bermanfaat.
Di akhir perjumpaan para jamaah pun mendapatkan air doa serta makanan kesukaan Habib Nuch Al Haddad yang telah dibawa dan didoakan oleh beliau sehingga menjadi wasilah untuk dapat menerima ijazah Ratib Al Haddad secara maksimal dan jamaah pun dipersilahkan berphoto bersama dengan sang empunya rumah Habib Nuch Al Haddad. Khalid.

No comments:

Post a Comment