Sunday 26 January 2020

Bani Hasan Minhaj Keturunan Minhajul Abdidin Kyai Kharismatik Solo



Bani Hasan Minhaj Solo

Dalam tulisan kali ini kami mencoba mengupas mengenai salah satu kyai kharismatik di Kota Solo yaitu Kyai Minhajul Abidin yang merupakan ayah dari Kyai Hasan Mukmin dan Mbah Hasan Minhaj yang makamnya berada di kampung Gabudan Solo sebelah selatan kawasan Gading Solo. Beliau inilah yang nantinya menurunkan keluarga Hasan Minhaj atau dikenal sebagai Bani Hasan Minhaj Solo Raya dimana untuk makam Hasan Minhaj berada di pemakam Pracinoloyo Makam Haji.Sebab salah satu putra beliau bernama Hasan Mukmin (Langenharjo) dan Hasan Minhaj, dari Hasan Minhaj inilah lahir putra dan putri antara lain Mbah Tepo Sumarto seorang saudagar batik Kauman yang merupakan ayah dari Kyai Muslim Rifai Imampuro atau dikenal sebagai mbah Liem Karanganom Klaten pendiri Ponpes Al Mutaqqien Pancasila Sakti (Al Pansa), kemudian seorang putri bernama Djaiyah yang semare di TPU RA Serang Mulur Sukoharjo, serta Mbah Bei dimana tidak ada lagi penerus keturunannya sebab satu satunya putri yang dimilikinya meninggal setelah ijab qobul pernikahannya.

Mbah Mardiyah Ali Hadi (paling kanan) dzuriyah Bani Hasan Minhaj bersama para ponakannya

Hasan Minhaj merupakan kakek kyai Muslim Rifai Imampuro, yang menarik adalah anak kedua kyai Abidin ini yang bernama Hasan . Imampuro adalah gelar jabatan dari keraton setingkat ulama keraton/penghulu di masa itu. Bani Hasan Minhaj kini sudah tersebar dan banyak sekali dzuriyahnya, sebab memang sudah sekian puluh tahun perkembangan para dzuriyah dari beliau yang kebanyakan berada di Klaten, Boyolali, Solo dan Sukoharjo.

Putra putri, cucu dan cicit dari Kyai Muh Soleh Bakri Mulur

Salah satunya dzuriyah dari Mbah Djaiyah yang seorang istri Naib Bendosari di tahun 1930 yaitu KR Dirjo Santosa atau dikenal juga dengan nama lain Kyai Muhammad Soleh Bakri yang turut dalam perjuangan kemerdekaan dan meninggal sebab dianiaya oleh pihak Belanda karena rahasia beliau dibocorkan oleh seorang teman dekatnya. Kini makam Kyai Muh Soleh berada di TPU RA Serang Mulur Sukoharjo.

KH Ach. Saifudin Zuhri putra mbah Lim Klaten

Bani Hasan Minhaj masih rutin berkumpul setiap 1 Muharam atau 1 Suro untuk menjalin tali silaturahmi agar tidak putus dan tidak kepaten obor bagi generasi selanjutnya. Salah seorang putra mbah Liem yang aktif hadir adalah Kyai Haji Saifuddin Zuhri yang kini melanjutkan mengelola Ponpes Al Muttaqien Karanganom Klaten. 
Menurut pakdhe Zuhri dari cerita mbah Liem semasa hidupnya ada keterkaitan antara Kyai Hasan Minhaj (kakek kami) dengan kyai Hasan Mukmin Langenharjo sebagai kakak beradik dan beberapa kali pakdhe Zuhri ini sempat mengantarkan mbah Liem untuk berziarah ke makam mbah Hasan Mukmin tersebut. 
Demikian sekilas mengenai Bani Hasan Minhaj Solo sebagai pengingat untuk tetap menyambung silaturahmi diantara para dzuriyahnya, jika ada kritik dan saran bisa menghubungi WA 081227078272 dengan kontak  Khalid dimana segala informasi terkait nantinya akan kami tampilkan sebagai penambah informasi di blog ini. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan karena terbatasnya informasi yang berhasil kami telusuri.

6 comments:

  1. karena sesuatu hal no kontak WA ganti 081227078272 bukan no diatas...
    terima kasih
    R Nur Khalid Yamani, S.E

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk silsilah yang di Gading Santren bisa didetailkan pak?
      Tentang tahun Wafat dan Bani Zaid.
      Terimakasih Pak Khalid.
      Salam

      Delete
    2. karena keterbatasan informasi dan waktu untuk sementara saya belum bisa menuliskan lebih lanjut...jika tertarik bisa kita ngobrol langsung sambil ngopi ditempat saya Kebondeso Mulur Sukoharjo...untuk saling berbagi informasi terkait hal tersebut

      Delete
  2. Saya dari Gabudan... Kakek saya bernama Abdurrouf Ratnodarmoyo... Tapi saya sekarang tinggal di Polewali Mandar Sulawesi Barat... WA ; 082292878249

    ReplyDelete
  3. Mhon maaf mw tnya silsilah kyai bagus Muhammad Hasan gabudan🙏

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum mas...kyai Hasan mukmin yang dimaksud apa yg maqomnya tepi sungai

    ReplyDelete