Thursday 3 August 2023

Majelis Ngawulo Rosho Gandul Wonogiri

Dalam belajar mengenai agama kita membutuhkan seorang pembimbing ataupun guru agar tidak salah dalam melangkah dan menerjemahkan ilmu dan hukum agama di dalam kehidupan sehari hari supaya menjadi manusia yang bertaqwa dan berakhlak.
Adalah sebuah tempat di Gandul Wonogiri diberi nama Majelis Ngawulo Rosho yang menjadi tempat untuk beristiqomah dalam mendalami ilmu ilmu keagamaan dengan bimbingan dari Mbah Kyai Abdullah. 
Majelis ini merupakan tempat bagi masyarakat umum siapa saja boleh bergabung dan bersama sama menimba ilmu yang memiliki arti Ngaji Piwulang Agomo Rotib dan Sholawat yang mana diadakan pertemuan rutin selapan sekali yaitu Malem Jum'at Pahing 
Selain dari kalangan masyarakat unum di majelis ini juga menjadi tempat para habaib muda untuk lebih mendalami tentang Rotib khususnya Ratib Al Athos dan Ratib Al Haddad serta maulid yaitu Simtudurror, Burdah dan Addiya Ullami.
Mbah Kyai Abdullah juga memiliki rutinan majelis diluar kediaman beliau dan hampir setiap harinya beliau mengaji bersama masyarakat mulai dari Wonogiri, Karanganyar, Sukoharjo, Sragen dan Solo bahkan hingga Pacitan dan Jepara. Jadwal beliau pun padat namun selalu menyempatkan diri untuk mengaji bersama masyarakat luas bahkan dalam 1 hari bisa 2-3 acara bergantian.
Mbah Kyai Abdullah merupakan sosok yang berjuang didalam dakwah keagamaan dalam berbagai lini, bahkan diantara jamaah beliau saat ini banyak kalangan muda menimba ilmu dari berbagai lapisan masyarakat.
Salah satu yang kini aktif mengikuti beliau adalah habib muda yaitu Habib Husein bin Ahmad Assegaf dari Solo yang sedang mendalami Ratib Al Haddad bersama mbah Dul ( sapaan akrab mbah Kyai Abdullah). Selain itu juga ada Habib Reza bin Muhdor Assegaf, Habib Qodir Al Jaelani dari Jogja, Habib Ali Al Jufri, Habib Syarif Al Hasani, Habib Ismail Fachmi Alaydrus dan lainnya.
Masyarakat wilayah Karanganyar, Wonogiri, Sukoharjo, Solo dan Sragen tentu mulai mengenal sosok mbah Dul terlebih jika mengamalkan Ratib Al Haddad sebab beliau ini memang sebagai salah satu guru dan pengamal Ratib Al Haddad terlama di wilayah Solo Raya dan merupakan murid langsung dari Habib Nuch Al Haddad Solo.
Banyak manfaat belajar dari sosok Mbah Kyai Abdullah ini yang selalu ceria dan banyak guyonan sebagai bentuk untuk mengajarkan tentang ilmu agama tanpa harus dengan hal hal yang susah dipahami. Beliau mengajarkan ilmu agama yang sesuai dengan kehidupan keseharian masyarakat terlebih dalam urusan kebersihan baik kebersihan jasmani maupun rohani.
Jika anda semua ingin lebih mendalami ilmu agama secara mudah dan sesuai untuk diterapkan dalam kehidupan nyata sehari hari silahkan ikut dan belajar bersama beliau ini setiap Malem Jum'at Pahing di Gandul Wonogiri bersama Majelis Ngawulo Rosho atau ikuti jadwal beliau di wilayah terdekat anda sekalian. Untuk informasi bisa hubungi kami sebagai admin blog ini di WA 081227078272. khalid

No comments:

Post a Comment