Sunday 10 September 2023

Rangkaian Safari Munajah Ratib Al Haddad bersama Mbah Kyai Abdullah Gandul

Dalam 15 hari terakhir ini kami tim Jelajah mengikuti Safari Munajah Ratib Al Haddad bersama Mbah Kyai Abdullah dari Gandul Giriwono Wonogiri. Rangkaian acara berjalan mulai dari Wonogiri, Sukoharjo, Solo Baru dan Karanganyar. Beberapa titik tempat rutinan Selapanan digelar mulai dari Kepuh Jatikuwung Jatipuro, Gupit Nguter Sukoharjo, Masjid Tombo Ati Solo Baru, Tawangsari, Plarung, hingga Jumantono Karanganyar.

Dalam rangkaian acara Safari Munajah Ratib Al Haddad selalu diikuti oleh antisiasme para jamaah yang memadati acara tersebut. Bersama Mbah Kyai Abdullah selalu hadir para Habaib seperti Habib Husein bin Ahmad Assegaf, Habib Reza bin Muhdor Assesgaf, Habib Ismail Fachmi bin Ali Assegaf, Habib Ahmad Al Habsy dan juga habib lainnya.
Perjalanan 3 Kabupaten ini pun sempat dihadiri seorang sesepuh Keraton Kasunanan Surakarta yaitu KPPA Widjoyo Adiningrat ( RM. Djoko Budi Suharnowo) di Sendang Siwani Krisak Selogiri Wonogiri.
Dalam kesempatan tersebut diulas oleh beliau tentang keselarasan antara Adat Budaya Jawa (kejawen) dengan ilmu keislaman yang diurai secaral gamblang dan jelas dan diamini oleh Mbah Kyai Abdullah. Kesempatan pertemuan kedua terjadi setelah sebelumnya kedua tokoh dan sesepuh ini berjumpa di Cepogo Boyolali dalam acara Haul Sinuhun PB X raja Kasunanan Surakarta.
Dalam satu bulan Mbah Kyai Abdullah Gandul memiliki jadwal rutinan tetap yang sudah berjalan kurang lebih 1 tahun terakhir dan terus bertambah sehingga jadwal beliau ini setiap hari selalu ada acara Munajah Ratib Al Haddad di wiilayah Solo Raya. khalid

No comments:

Post a Comment