Saturday 30 January 2016

Pendakian Gunung Lawu

Selain kopdar hobi lainnya adalah mendaki gunung,salah satunya adalah Gunung Lawu di Kabupaten Karangnyar. Beberapa kali saya sudah mencapai puncak gunung ini yaitu di Hargo Dumilah. Sekali mendaki gunung menjadikan kita ketagihan. Pertama kalinya saya mendaki Gunung Lawu adalah saat masih kuliah di salah satu kampus swasta di kota Solo. Bersama rekan-rekan kos yang berjumlah kurang lebih 8 orang kami berangkat dengan naik motor berboncengan. Kami berangkat bersama selepas Dhuhur dan sampai di basecamp Cemoro Sewu Magetan sekitar pukul 5 sore. Setelah beristirahat sejenak selepas magrib kami mulai menapaki jalur pendakian setapak demi setapak. Bagi pemula (saat itu) ini adalah perjalanan pendakian pertama yang menguji fisik dan mental saya. Dengan menahan hawa dingin pegunungan dan sedikit ngeri-ngeri sedap berjalan di gelapnya malam saya coba tapaki pos demi pos. Sejenak berhenti dan mengambil nafas jika sudah agak kepayahan. Akhirnya pada tengah malam sampailah kami di pos terakhir tepat dibawah puncak Hargo Dumilah. Setelah berberes dan mendirikan tenda kami pun terlelap dalam tidur hingga pagi hari. Pagi menjelang dan kami pun menapaki tanjakan terakhir menuju puncak Hargo Dumilah dan saat itulah pengalaman pertama mendaki Puncak Gunung Lawu.
Suasana yang berbeda dari kehidupan kita sehari-hari yang jauh di dalam hutan akan memberikan arti betapa kecilnya kita di dunia ini dibandingkan oleh ciptaan Nya.

Baca juga mengenai Pendakian Gunung Slamet di Purbalingga
Artikel lainMenjelajah Pegunungan Seribu
Berikut adalah beberapa photo yang sempat saya abadikan bersama teman-teman ketika melakukan perjalanan di Gunung lawu.