Monday 20 January 2020

Merunut Silsilah Keluarga Besar Trah

Silsilah Mangkunegaran dalam Piagam Sentono

Setiap manusia yang terlahir dari orang tua pasti juga memiliki leluhur atau orang orang yang lebih dahulu ada sebelum orang tua kita. Sejak Nabi Adam AS diciptakan sudah menjadi jutaan manusia di muka buni ini. Dalam sebuah ayatpun sudah diterangkan bahwa diciptakannya manusia yang berbangsa bangsa agar untuk saling mengenal, terlebih jika memang ada keterkaitan keluarga baik dalam aliran sedarah ataupun karena faktor pernikahan. Kali ini kami mencoba mengulik bagaimana cara Merunut Silsilah Keluarga Besar Trah sehingga nantinya akan bermanfaat dan berguna bagi kehidupan selanjutnya.
Sebelum kita mulai maka kita harus punya tujuan untuk apa kita merunut sejarah dan silsilah keluarga. Tujuan yang paling mulia dan sesuai dengan ajaran agama adalah sebagai pemersatu tali silaturahmi, pun pernah dikatakan ketika kedua orang tua kita meninggal maka silaturahmi jangan sampai terputus baik kepada keluarga masing masing maupun kepada para sahabat, teman, rekan dari orang tua kita. Mengenal silsilah adalah sebagai motivasi kita untuk lebih baik di masa yang akan datang dengan mencontoh apa yang telah dilakukan oleh para lelhur kita.
Ada 2 jalur yang bisa kita runutkan yaitu jalur ayah dan jalur ibu. Masing masing nantinya ke atas akan semakin besar karena bertambah lagi dan terus bertambah seperti model skema piramida terbalik. Dari ayah tentu ada kakek dan nenek begitu juga dengan jalur ibu kita. Carilah orang orang terdekat yang bisa meriwayatkan secara valid dari hal hal yang kita ketahui sebagai contoh adalah nama dan profesi yang dijalani.
Yang menarik bahwa pada suatu saat kita akan ketahui jika kemungkinan ada kaitan dengan tokoh tertentu yang tak lain adalah lelhur kita. Nah inilah yang kami maksudkan pada awal tadi bahwa merunut sejarah akan memberikan semangat untuk berbuat kebaikan seperti leluhur terdahulu.
Istilah kepaten obor dalam dunia silsilah Jawa banyak ditemui karena ada putus informasi terkait sejarah para leluhur. Oleh sebab itulah kita harus mencari obor yang masih menyala artinya menjumpai orang orang yang hafal dan faham tentang silsilah yang ada. Bukti valid akan lebih otentik jika ada bukti tertulis yang sah dengan bukti tersebut maka akan lebih tepat.
Bukti otentik bisa berupa akte kelahiran, piagam ataupun sertifikat terkait data data didalamnya yang dikeluarkan secara otentik oleh pihak terkait. Jika anda merasa memiliki darah trah biasanya ada kecenderungan untuk menelisik lebih lanjut siapa para leluhur terkait. Namun hal inipun tak semudah membalikkan telapak tangan terlebih jika ada informasi terputus dan tidak ada data otentik yang tertulis. Sebagai contoh banyak kesimpang siuran data karena memang di masa lampau minin sekali orang orang yang menuliskan riwayat dan sejarah keluarga karena dianggap suatu hal yang tidak begitu penting. Padahal literasi sejarah khususnya terkait keluarga nantinya akan bermanfaat bagi anak turunnya.
Sebagai pengalaman dari apa yang kami alami adalah bahwa pada akhirnya kami mengenal sosok sosok yang ada sebelum kami dimana beliau beliau para leluhur itu adalah orang orang terpilih pada masanya. Jika dirunut lebih lanjut maka akan sampai pada bagian sejarah terkait perjalanan sejarah Indonesia, sebuah informasi yang perlu dan patut diketahui oleh para penerusnya agar kehidupan selanjutnya lebih baik dan bisa meneruskan perjuangan para pendahulu yang memang dikenal sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.

1 comment: