Sunday 26 March 2023

Cerita tentang Karomah Seorang Kyai

Suatu ketika saya mendapatkan sebuah tulisan dari media sosial mengenai hal hal yang dapat membuat kita sebagai manusia mengalami kefakiran baik ilmu maupun harta. Dalam tulisan tersebut setidaknya ada lebih dari 20 hal salah satunya tentang membersihkan rumah dari sarang laba laba. Saya pun membaca satu persatu namun ada beberapa hal yang masih kurang mengerti. Hingga hati bertanya kemana harus mencari jawabannya.
Kebetulan 3 hari setelah nya ada pengajian Ahad pagi dan saya pun diajak untuk hadir oleh salah seorang kawan akrab. Disitulah ada sebuah pengalama unik sebab dalam kajian oleh seorang kyai dari Wonogiri beliau adalah Mbah Abdullah yang menjadi pembicara waktu itu di salah satu sekolah Madrasah di wilayah kami.
Saya kaget karena tiba tiba beliau membuka kitab dan menjelaskan satu persatu hal yang dalam 3 hari menjadi pertanyaan pikiran saya dan saya pun dalam hati terkekeh...kok bisa bisanya beliau ini tahu apa yang saya simpan.
Sejak itulah saya pun berusaha selalu hadir dimana beliau ini mengaji khususnya membaca Ratib Al Haddad di wilayah Karanganyar, Sukoharjo dan Wonogiri
Sebuah pengalaman penting disaat yang tepat untuk belajar mendalami ilmu ilmu pesantren yang selama ini memang tidak pernah saya alami. Ya sebatas ikut mengaji bersama beliau sudah menjawab rasa penasaran dan rasa keingintahuan tentang agama.

No comments:

Post a Comment