Tuesday 28 March 2023

Manfaat Membaca Ratib Al Haddad dalam segala aspek kehidupan

Ratib merupakan amalan yang biasa dibaca oleh para Habaib para dzuriyah Rasulullah. Di Indonesia sendiri ada beberapa Ratib yang berkembang seperti Ratib Al Haddad, Ratib Al Athos, Ratib Alaydrus, Ratib Kubro dan lainnya. Dalam kesempatan kali saya akan membahas khususnya Ratib Al Haddad yang telah saya pelajari kurang lebih satu tahun belakangan ini dari para ulama juga Habaib yang kami jumpai.
Awalnya mengenal Ratib Al Haddad dari salah satu kawan yang ingin mengadakan rutinan pembacaan Ratib Al Haddad di salah satu wilayah yaitu desa Manisharjo saat itupun dibaca Ratib Al Haddad versi dari Pekalongan dari Maulana Habib Lutfi.
Karena kebetulan dirumah ada juga buku yang memuat Ratib Al Haddad tersebut saya pribadi mencoba membaca rutin agar lancar namun sungguh diluar dugaan efek yang terjadi dimana warung tempat saya bekerja pun menjadi ramai oleh pembeli. Karena awam maka saya ketakutan dan menghentikan amalan ini karena belum tahu sebab musabab yang terjadi.
 Kemudian kali kedua saya diajak Gus Dur Plarung untuk membaca dan saya pun ikut. Pembacaan Ratib pun lebih khusyuk ketika diajak pak Zainudin dari Ketro untuk ikut berjamaah membaca Ratib Al Haddad di wilayahnya hingga 2-3 bulan berikutnya dan bergantian tempat. Hingga suatu pagi saya ikut pengajian Ahad pagi yang dipimpin Mbah Dul dari Wonogiri, disinilah mulai ada terasa hal yang tidak biasa. Seiring berjalan waktu Mbah Dul menjelaskan manfaat yang didapat dari membaca Ratib Al Haddad ini antara lain untuk kesehatan, keharmonisan keluarga, dan juga banyak aspek lainnya.
Untuk dunia perdagangan jelas sudah saya rasakan manfaatnya, kemudian untuk bidang pertanian juga salah satu kawan membuktikan dengan hasil panen padi yang melimpah dan bahkan saya pun yang notabene belajar menjadi konten kreator pun akhirnya mendapatkan hasil lewat video yang diunggah. Ada hal hal keajaiban selama kita Istiqomah dengan membaca Ratib Al Haddad. Khalid

No comments:

Post a Comment