Monday 25 April 2022

Merasakan Karomah Mbah Kyai Haji Amiruddin Mu'in Sidoarjo

Berbicara soal karomah yang dimiliki oleh para Wali Wali Alloh memang menarik apalagi bisa merasakan Karomah tersebut secara nyata. Hal yang mungkin mustahil terjadi bisa terjadi atas izin Gusti Alloh yang menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Nya lewat para wali wali Nya tersebut. Awalnya sekedar mendengar nama Mbah kyai Amir dari salah satu santri beliau sewaktu awal berjumpa dengan pak kyai Zainuddin pendiri dan pimpinan Pondok Pesantren Asri At Taubah Ketro yang berada di Jatirejo Jumapolo. Saat pertama berjumpa pak Udin (begitu saya biasa memanggil beliau) tak lain atas dawuh dari Abah Gus Dur Plarung yang meminta saya untuk datang ke Ponpes Asri At Taubah untuk ngopi bareng. Ini yang ketiga kalinya saya datang di Ketro, dimana 2X sebelumnya gagal bertemu pak Udin bahkan sayapun dikira sebagai Debt Collector oleh santri pak Udin yang bertugas menunggu pondok tersebut....hehehehe....

Pada kesempatan ketiga kalinya itu Alhamdulillah berhasil berjumpa pak kyai Zainuddin dan selang 10 menit berikutnya hujan deras dan lebat disertai petir datang turun dari langit... Wallahu a'lam maknanya...sehingga Abah Gus Dur batal ikut ngopi bersama.
Akhir kata saya, pak Udin dan mas Bakir (santri beliau) ngobrol hingga dini hari. Ketika pukul 2 dini hari mas Bakir ijin untuk menemani istrinya tidur. Saya dan pak Udin pun ngobrol A-Z dan beliau bercerita tentang sejarah perjalanan hidupnya hingga mendirikan Ponpes Asri At Taubah yang tidak lain adalah dawuh dari Mbah Yai Amir. Guru pak Udin adalah pemilik Ponpes Sabirul Rosyad Sidoarjo bernama Mbah Kyai Haji Amiruddin Mu'in. Dari cerita pak Udin inilah pikiran dan hati melintas sebuah keinginan untuk bisa berjumpa Mbah Amir secara langsung. Disinilah hal yang mustahil terjadi namun Gusti Alloh menurunkan Rahmat dan berkahnya.
Saya meyakini jika beliau Mbah Amir seorang wali maka pasti bisa berjumpa langsung dengan beliau ini entah kapan. Karomah beliau benar benar nyata. Selang 10 hari waktu itu saat saya sedang di depan masjid Riyadh pak Udin memberikan informasi bahwa Mbah Kyai Amir sedang berada di Ketro. Tanpa bertanya panjang sayapun langsung meminta untuk pulang bareng pak Udin selesai acara di rumah Habib Abdurrahman Al Athos waktu itu.
Selama perjalanan Solo hingga Ketro hari saya terasa campur aduk, deg degan, kaget, hari, senang dan lainnya. Ketika sampai Ketro ternyata Mbah Kyai Amir sedang istirahat, dan kamipun menunggu diluar bersama santri lainnya sambil berharap beliau bangun dan melihat sosok Mbah Kyai Amir secara langsung.
Singkat cerita karena kelelahan pak Udin tertidur di bangku yang tersedia di depan rumah Mbah Amir tersebut. Saya waktu itu asik ngobrol dengan Pak Karmin yang datang menyusul. Ketika asik ngobrol dengan pak Karmin itulah tiba tiba Mbah Kyai Amir keluar...dan kami berdua pun tanpa dikomando serempak menjabat tangan Mbah Kyai Amir secara bergantian. Saya pun mengaku sebagai santri dari pak Udin walaupun jika pak Udin tahu akan terkekeh kekeh dan tertawa.
Hal lainnya justru menjelang pagi saya sempat ngobrol sedikit dengan Bu Nyai yaitu Hajah Nurul Magfiroh istri dari Mbah Kyai Amiruddin Mu'in yang merupakan salah satu keturunan Kyai Sayyid Iman. Disinilah sayapun sedikit demi sedikit memahami perjumpaan itu yang terjadi atas ijin Gusti Alloh. Luar biasa. Karomah Mbah kyai Amir benar benar terasa. Khalid

No comments:

Post a Comment