Thursday 28 April 2022

Carilah Ilmu Dari Orang Orang Sholeh

Beberapa waktu terakhir ini saya sebagai penulis blog merasa bersyukur dapat dipertemukan dengan para kyai, ulama bahkan habib dimana beliau semua itu adalah golongan orang orang Sholeh dan kita diwajibkan untuk mendekat para orang orang seperti itu. Bagi saya pribadi makna dari mendekati para alim ulama adalah untuk belajar menimba ilmu agama sekaligus bersilaturahmi sebagai jembatan untuk mendapatkan ilmu ilmu yang bermanfaat.

Saya sendiri hanyalah orang awam yang mana mendapatkan pelajaran agama sebatas pada Pendidikan Agama Islam saat di bangku sekolah jaman dahulu. Kenapa awam? Sebab jarang bahkan tidak pernah hadir dalam sebuah majelis taklim ataupun mengikuti ceramah di masjid. Saat itu memang saya merasa dalam kondisi jahiliyah jauh dari sebuah keyakinan bagaimana untuk mengenal Gusti Alloh. Awalnya saya sekedar mengenal sejarah perjuangan bangsa dari era kerajaan hingga kemerdekaan, kemudian mengerucut pada perjalanan sejarah agama Islam di Nusantara hingga merujuk pada silsilah dan sejarah keluarga. Mungkin sudah menjadi suratan takdir bahwa jalan dakwah akan menjadi sebuah tanggung jawab bagi saya. Namun bagaimana cara saya memulainya sedangkan pengetahuan agama sayapun sangat minim. Hingga Gusti Alloh membuka pelan pelan tabir kehidupan yang selama ini tertutup rapat bahkan tiada pernah terlintas sekalipun tentang hal tersebut. Perjalanan spiritual yang mana seolah bagaikan tertata secara runut dan indah hingga muncul kejadiaan yang secara akal, logika dan pikiran tiada bertemu jawabannya. Salah satunya adalah pertama kali berjumpa Habib Abdurrahman Al Athos dimana saat itu acara peringatan Maulid Nabiyullah Muhammad SAW di Majelis Ajar Tresno Manisharjo. Kala itu seusai bersalaman dengan Habib Abdurrahman Al Athos saya dipanggil untuk duduk dan menemani beliau dibarisan depan para jamaah. Hal ini sontak mengagetkan diri pribadi saya yang mana dalam seumur hidup baru pertama kali mengikuti sebuah acara Majelis Taklim. Sebuah pengalaman yang membuat saya malu ketika harus duduk di depan berdampingan dengan orang sekelas beliau Habib Abdurrahman Al Athos. 
Selain itu juga hal sama uniknya terjadi ketika pertama kalinya berjumpa Gus Ridho pimpinan pondok pesantre Mambaul Hikmah Kalikatir Selogiri, dimana ketika habis ziarah di makam Mbah Abdul Aziz tak lain pendiri pondok dan ayahanda Gus Ridho ketika bersalama Gus Ridho mencium kepala saya yang saat itu salah kostum diantara jamah yang hadir. Hingga ketika Gus Ridho berkenalan dan tahu nama saya beliaupun tambah terkaget kaget dan akhirnya tertawa sangat bahagia karena sebelumnya beliau inipun penasaran dengan sosok pribadi saya. Lho ternyata saya ini dibicarakan banyak orang. Ealah.
Ya sekelumit cerita mengenai manfaat berjumpa dengan orang orang Sholeh termasuk para alim ulama, kyai, ustad, dan habib. Gusti Alloh pasti menuntun kita pada hal hal yang baik jika niatan kitapun tulus dan ikhlas untuk kebaikan. Khalid

No comments:

Post a Comment