Monday 29 October 2018

Asiknya Mengikuti Seminar Gratis

Di salah satu kampus Jogja

Dalam suatu kesempatan saya mendapatkan sebuah undangan lewat sms setelah sebelumnya iseng-iseng mengikuti sebuah program pencarian bakat untuk pengusaha yang diadakan oleh salah satu corporate di Indonesia. Dalam kesempatan itu saya harus hadir dan mengikuti test wawancara serta seminar selama 1 hari di sebuah kampus kenamaan di Jogjakarta. Dengan modal nothing to loose karena saya hanya berfikir inilah kesempatan untuk mendapatkan sebuah pengalaman dan bukan untuk menang atau lolos seleksi.
Saat itu memang sedikit ada sebuah harapan untuk mencoba mengadu nasib dengan modal ala kadarnya. Bermotor dari rumah di Sukoharjo dengan restu orang tua saya melaju dijalanan Solo-Jogja selama 2 jam. Setelah mendaftar ulang dan menunggu akhirnya dipanggil untuk melakukan wawancara. Dengan sedikit grogi namun akhirnya cuek saja toh ini bukan sebuah target untuk lolos. Salah satu yang berkesan adalah ketika berkenalan dengan salah seorang dokter hewan yang berdinas di Madiun dan sudah mempunyai sebuah usaha dengan menghasilkan obat bagi hewan ternak, Dari beliaulah saya banyak belajar walaupun dalam waktu singkat. Pada intinya sebuah pekerjaan butuh keuletan dan berani menerima tantangan serta kemauan untuk terus belajar. Dalam hal ini walaupun mungkin si bapak tadi di mata saya sudah sukses namun beliau masih ada keinginan untuk terus memperlebar sayapnya demin memperjuangkan mimpinya.
Dari sinilah pelajaran penting saya dapatkan. Begitu juga saya lihat peserta lain yang nampak antusias dan benar-benar mempersiapkan diri dalam menjalani seleksi. Hal ini tentu berbeda dengan keadaan saya dimana saya cuma sekedar untuk menambah pengalaman yang hasilnya saya tuliskan saat ini. Kali kesekian saya datang ke Kota Pelajar Jogjakarta. Sebelumnya pernah juga hadir kampus itu untuk mengikuti program menjadi bagian salah satu TV Swasta yang memeang diadakan dikampus UGM tersebut.
Baca Juga Nikmatnya Lobster dari Mr. Lobs Jogja
Wajah-wajah kecewa terlihat dari beberapa peserta yang belum lolos seleksi kala itu, sedangkan saya dari awal memang sekedar ingin nambah ilmu dan pengalaman saja sehingga ya biasa saja. Sekian tahun berlalu namun kenangan dalam perjalanan ke Jogjakarta saat itu memberikan saya banyak manfaat untuk selanjutnya sebagai sebuah modal bagaimana menjadi seorang enterpreneur. Memang berat jika kita ingin berusaha sendiri dengan apa yang kita miliki namun akan kita dapatkan banyak ilmu dan pengalaman bagaimana memulai sebuah usaha dan langkah dalam pekerjaan. Inti dari semua itu adalah bekerjalah dengan apa yang kamu suka sehingga semua akan terasa nikmat dan indah pada saatnya.

No comments:

Post a Comment