Wednesday 31 October 2018

Kegiatan Kebersihan Menjaga Alam


Selain aktif dalam acara kumpul-kumpul alias kopdar beberapa kali sayapun mengikuti kegiatan untuk membersihkan lingkungan bersama rekan-rekan khususnya para pemancing. Antara lain kegiatan kebersihan di Kalimati Ngares Bulakan, Pembersihan Enceng Gondok di Kalimati Bangsri Gede, Kegiatan Pembersihan Sampah di Waduk Mulur serta kegiatan Tebar Benih Ikan. Hal ini saya dan teman-teman lakukan semata-mata sebagai bentuk kepedulian kepada kelestarian lingkungan khususnya di perairan tawar di sekitar wilayah Sukoharjo. Apa yang saya lakukan selain sebagai rasa cinta tanah juga sebagai media berkampanye kepada masyarakat supaya bisa menjaga kelestarian alam agar ke depan anak cucu kitapun bisa menikmati alam ini.
Keprihatinan terhadap Kalimati yang mangkrak dan tidak terurus serta berakibat menjadi sarang nyamuk mendorong saya dan teman-teman mencoba melakukan kebersihan dengan menggangkat enceng gondok yang menutupi permukaan air. Langkah ini seharusnya berkelanjutan namun memang tidaklah mudah menyadarkan dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli. Ya kami cuma sekedar memberikan contoh karena memang posisi kami yang bukan di sekitar area Kalimati. Apa yang kami lakukan mungkin hanyalah langkah awal saja.
Saya pribadi memang belum bisa terus terjun dalam kegiatan yang bersifat kepedelian alam secara langsung, namun sebisa mungkin jika ada waktu dan jawilan maka saya berangkat. Untuk program di Ngares selama 1 bulan pun sempat saya jalani dengan setiap minggu datang ke lokasi. Namun apa daya langkah inipun akhirnya juga sekedar sebagai kenangan karena memang tidak ada kelanjutannya.
Sedangkan untuk di Waduk Mulur juga berhenti karena tidak adanya koordinasi sesama pemancing. Saya dan kawan-kawan dari IMCS pun tidak setiap waktu ada di Waduk Mulur karena bagi kami Waduk Mulur hanyalah satu dari sekian banyak titik spot. Setidaknya apa yang saya dan kawan kawan IMCS lakukan bisa menjadi contoh untuk ditindak lanjuti oleh komunitas pemancing lainnya. Tebar benih yang sempat kami lakukan terbukti juga memberikan dampak positif terlebih berkurangnya tukang setrum di Waduk Mulur. Ya sebagai salah satu perjalanan hidup kita harus punya hal yang bisa untuk menjadi motivasi dalam hidup ini.

No comments:

Post a Comment